Wow! - Ternyata Artikel Ini Ada Judulnya Bro!

02.51
Salam sukses dan mulia!. Sobat blogger dan rekan netizen yang selalu bersyukur dan berbahagia, pada kesempatan yang penuh pesona ini saya ingin mengulas sebuah tema melalui artikel blog saya ini yang berjudul "Wow! - Ternyata Artikel Ini Ada Judulnya Bro!". Hemm...Sobat sekalian saya mohon untuk tidak bertanya lagi mana judul artikel ini yah? (hehehehe...).

By the way in the busway, pernah nggak Sobat menemukan sebuah artikel blog yang nggak ada judulnya? Wow!, jika ada artikel yang seperti itu jangan sungkan untuk berbagi alamat url artikel tersebut. Karena sampai saat ini jujur saya akui, bahwa saya belum pernah satu kalipun menemukan artikel tanpa judul.

JUDUL ARTIKEL IBARAT PAKAIAN YANG DIKENAKAN MANUSIA
Sebuah artikel blog 100 persen pasti ada judul yang menyertainya. Ibaratnya judul itu seperti pakaian yang dikenakan manusia. Manusia jika ingin tampil di muka umum 99.99 persen pasti mengenakan pakaian. Entah itu baju seragam, baju adat, baju koko, kaos, jas, dan berbagai macam pakaian lainnya. Kecuali untuk orang-orang yang sudah terlanjur lupa bahwa dirinya adalah seorang manusia.

Yup...Sobat benar karena nggak salah. Judul artikel termasuk hal yang sangat penting dan wajib dibuat dengan sebagus atau semenarik mungkin. Tujuannya jelas, agar pengguna internet selalu tergoda untuk membaca artikel tersebut. Sebuah judul akan memberikan kesan pertama yang takkan terlupakan, selanjutnya pengunjung blog akan kesengsem dengan artikel yang Sobat tulis.

Gambar: kompasiana.com

BAGAIMANA CARA MEMBUAT JUDUL ARTIKEL YANG BAIK DAN MENDATANGKAN TRAFIK?
Nah...ini dia!. Sampai saat ini saya belum menemukan jawaban yang membuat saya puas dan gembira (manusia, selalu nggak pernah puas yah? Ckckck). Tapi saya merasa sangat berterima kasih kepada rekan-rekan blogger yang sudah memberikan tips, trik, teknik-teknik "rahasia" dalam membuat judul artikel yang baik dan benar.

Dari berbagai ulasan rekan-rekan blogger, penulis yang ada di benua maya ini, setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan diterapkan dalam membuat judul artikel. Diantaranya adalah:

1. Gunakan Kombinasi Angka Pada Judul Artikel.
Ini adalah teknik yang memang banyak dianjurkan. Kelebihan menyematkan angka pada judul artikel adalah untuk menarik perhatian pengguna internet, untuk memperjelas isi artikel, atau bisa juga digunakan untuk membantu pengunjung mengingat-ingat apa yang telah mereka baca.


Misalnya sebuah artikel berjudul " Data 50 Juta Pengguna Facebook Bocor" sangat mudah terekam jejaknya dalam benak netizen, karena angka 50 juta tersebut cenderung mudah diingat. Bahkan sampai kakek-nenek pun, netizen akan selalu ingat dengan judul yang menyematkan angka itu. Walaupun tidak semua judul artikel cocok untuk disematkan angka di dalamnya, tapi teknik ini seringkali manjur untuk diterapkan pada blog Sobat.

2. Gunakan Judul Yang Bombastis Tapi Jangan Terlalu Lebay.
Judul artikel yang bombastis memang sangat ampuh untuk menggoda netizen agar mampir dan membaca artikel kita. Namun jangan terlalu berlebihan alias lebay...gkgkgk. Apalagi sampai melanggar kebijakan penayangan konten sehat, yang dapat mendepak blog Sobat dari benua maya.

Judul yang bombastis bisa merugikan blogger jika kurang hati-hati. Salah satunya yang berkaitan dengan unsur "SARA". Keterampilan membuat judul yang bombastis namun nggak lebay, akan semakin terasah apik setelah Sobat menulis artikel sesering mungkin. Dan ini juga membutuhkan kerja keras dan kerja ikhlas agar memberikan hasil yang mantap.

3. Judul Yang Bisa Memberikan Solusi Kepada Pengunjung Blog.
Judul artikel blog dengan awalan "cara", "panduan", "bagaimana", "tips", "kiat jitu", adalah beberapa contoh judul blog yang bisa meyakinkan pengunjung bahwa ia akan mendapatkan solusi dari masalah-masalah yang sedang mereka alami. Gunakan berbagai variasi kata yang apik dan menarik untuk diterapkan pada artikel blog Sobat.

4. Belajar Kepada Para Master Blog.
Sambil "blogwalking" Sobat bisa mengamati dengan seksama dan dalam tempo yang sebebas-bebasnya judul artikel blog milik para master. Sejarah membuktikan, artikel-artikel mereka ini selalu "nangkring" di halaman pertama Google dan mendapatkan trafik yang bejibun, "mbludak sembludak-mbludaknya". Pelajari cara mereka membuat judul, tapi jangan lupa share ke saya yah hasil pengamatan Sobat (hehehe...menang banyak dong?).

5. Gunakan Waktu Khusus Untuk Berlatih Membuat Judul Artikel.
Para penulis ahli membuat pernyataan yang mengejutkan. Bahwa seorang penulis wajib memusatkan 80% perhatian dan waktunya untuk berlatih membuat judul yang memikat dan mempesona. Wah!, kapan nulis artikelnya ya kalau begini? Hehehe.

Maksudnya mereka ingin menyampaikan bahwa judul tulisan sangat penting dan berarti. Terutama untuk sebuah novel. Pencarian judul yang tepat dan memikat akan terlihat sulit untuk dibuat. Butuh KTT alias Konsentrasi Tingkat Tinggi untuk merangkai judul yang aduhai.


Sobat tentu tak harus sepakat dengan beberapa resep yang sudah saya tuliskan diatas. Karena sampai sekarang pun saya belum memahami bagaimana membuat judul artikel yang baik, yang menarik, dan yang jelas akan mendatangkan trafik. Belajar dan terus belajar adalah kombinasi yang baik untuk menghasilkan karya yang energik. Semoga bermanfaat dan salam olahraga!.
Previous
Next Post »

6 komentar

  1. salah satu strategi lewat judul yg bagus gan hehe, saya kepancing juga jadinya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sukses selalu Sobat, jangan lupa untuk bagi-bagi ikan hasil mancingnya yaa...hehehe.

      Hapus
  2. Kalau judul artikel blog saya terlalu lebay dan alay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gkgkgk...lebay dikit nggak masalah Mas Bro. Saya juga kadang begitu.

      Hapus
  3. Gak ada judul? Barangkali saja ada satu dua orang yang penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...sesuatu banget gitu lho!

      Hapus

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya