Tips Ngeblog - Kekuatan Sebuah Catatan Harian

06.19
Salam sukses dan mulia!. Sobat blogger dan rekan netizen yang selalu bersyukur dan berbahagia, blog pada awalnya merupakan bagian dari aplikasi Content Management System (CMS) yang bertujuan untuk mempermudah pengguna internet dalam menuliskan catatan harian. Itu kalau tidak salah visi pertama yang melatarbelakangi lahirnya "makhluk digital" bernama blog.

Sejarah kini membuktikan, blog yang pada awalnya berorientasi pada catatan harian, telah berkembang sedemikian rupa menjadi "makhluk digital canggih" pendukung proses bisnis dan literasi. Blog juga bisa disebut sebagai marketing "ghaib" dari perusahaan-perusahan IT dan multimedia. Dulu blog tidak banyak dilirik, kini blog semakin sering "dipelototin" pengguna internet. Salah satunya ya saya atau Anda gitu lho (hehehehe).

CATATAN HARIAN - UNTUK BLOGGER YANG SERING KEHABISAN IDE
Jika Sobat sudah pernah membaca buku-buku motivasi dan buku-buku tentang menulis, saya yakin Sobat sekalian akan mengalami kondisi dimana Sobat sepakat mengakui bahwa ide untuk menulis artikel itu begitu melimpah, ada dimana-mana dan tak terbatas. Sehingga hambatan dalam mengupdate artikel bukanlah karena tak ada ide, tapi lebih kepada sedikitnya waktu yang tersisa untuk menulis artikel.

Tips Ngeblog - Kekuatan Sebuah Catatan Harian

Alhamdulillah, kini saya merasakan nikmatnya "kebanjiran ide" untuk menulis artikel, dan saya merasa waktu kurang bersahabat untuk saat ini karena hari-hari saya disibukkan oleh pekerjaan offline. Artinya saya benar-benar harus membagi waktu yang tersisa baik disela-sela "ngantor" atau sesudah sampai di rumah dalam keadaan letih dan penat yang cetar membahana untuk bisa menulis artikel. Kadang saya bela-belain mengurangi waktu tidur di malam hari agar tetap konsisten menulis artikel.

Namun saya memaklumi, ada beberapa Sobat blogger yang merasa sering "tak punya ide" untuk diposting pada blog. Saran saya, perbanyak membaca buku-buku motivasi dan buku-buku tentang blog atau penulisan. Sobat akan menemukan mutiara berharga dari buku-buku tersebut. Percayalah, saya sudah membuktikan hal ini, benar-benar manjur dan berkhasiat.

Jika terpaksa benar-benar tak ada ide untuk menulis artikel, Sobat bisa menggunakan salah satu tips yang sangat ampuh, yakni dengan menjadikan blog sebagai catatan harian. Membuat catatan harian terasa lebih mudah, karena apa yang tertulis ada dan Sobat alami saban harinya. Tentu tak semua yang tercatat itu sama persis dengan keadaan sebenarnya. Sobat bisa menggunakan istilah samaran, atau dengan menambahkan efek-efek "bombastis" pada artikel berbasis catatan harian tersebut.

JANGAN ANGGAP REMEH CATATAN HARIAN
Sobat bisa cari di mesin pencari Google tentang bloggger sukses, dan dia juga seorang publisher Adsense yang pada awalnya menulis artikel blog berbasis catatan harian. Blog tersebut berisi tentang pengalaman sehari-hari penulisnya yang asyik dan menikmati aktifitas berkebun.

Dan blog tersebut sering muncul di profil para publisher Adsense yang sukses. Yah benar, berita blog catatan harian yang bertema "Garden" itu bisa Sobat jadikan penyemangat agar selalu siap mengupdate blog dengan artikel unik hasil karya Anda sendiri. Jadi kalau nggak ada ide, ya buat saja catatan harian. Saya yakin makin lama Sobat akan "ketagihan" dan menjadi semakin terampil menulis artikel.


Ide tulisan begitu melimpah dan percayalah bahwa sebenarnya yang menjadi pokok permasalahan bukan karena nggak ada ide, tetapi lebih kepada kemauan untuk "menterjemahkan ide" menjadi sebuah artikel yang apik, menarik, dan bermanfaat. Sobat bisa cek sendiri, di website situs berita ada jutaan berita (artikel) yang bisa memberikan ide-ide segar yang begitu melimpah.

Saya sendiri sekarang justru bingung akan menulis artikel yang mana dulu, akibat banyaknya ide-ide yang "merengek-rengek" minta dijadikan artikel. Itulah sekiranya yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Teruslah berkarya dan pantang menyerah. Semoga bermanfaat dan salam olahraga!.
Previous
Next Post »

10 komentar

  1. dulu di luar negeri ada ibu-ibu yang menuliskan catatan hariannya di blog ternyata follower blognya sampai puluhan ribu dan dia kemudian memasang adense di blognya dan berhasil , memang diary sungguh besar kekuatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap Bang Abd Kadir Rusdi. Ini "ilmu" yang berharga untuk kita semua.

      Hapus
  2. Catatan harian seringkali lebih jujur bercerita, sehingga enak dibaca dan 'nagih' dibandingkan tulisan hasil kerangka pikir yang diambil dari media-media yang berserakan di jagat internet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bang Doel, melalui catatan harian lebih unik dan memberikan banyak makna bagi perjalanan hidup manusia.

      Hapus
  3. Betul,menjadikan blog sebagai catatan harian jadi terlihat lebih menarik dibaca banyak orang.
    Terlihat natural.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bang Himawan, blogger juga bisa "bebas" berekspresi karena tidak terikat dengan aturan tertentu yang membelenggu kreatifitas dan imajinasi blogger.

      Hapus
  4. hadeh kalo udah pengen ngeblog terus keabisan ide itu rasanya jadi males ngeblog lagi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe...ngopi dulu napa Sobat Erwan Oey. Biar makin seger pikiran kita.

      Hapus
  5. aku sih jrang pake catatan harian mas doddy, biasanya kalau ada ide muncul ga sempat nulis, biasanya langsung tulis deh di note yang ada d hp. biar ga kabur tuh ide. kadangkalau ga ditulis sejam kemudian udah lupa lagi gatau ngapa wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk...jangankan sejam, lima menit saja udah ilang itu ide. Blog saya tipe gado-gado, jadi mungkin saja nanti akan ada artikel catatan harian. Seperti yang sudah-sudah gitu teh Vika... :)

      Hapus

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya