Blogger Kunci Utama Suksesnya Gerakan Literasi Digital

06.20
Blogger kunci utama suksesnya gerakan literasi digital. Adalah sebuah tema yang ingin saya sampaikan melalui blog saya yang beralamat di www.dodypurwanto.com ini. Sebagai wujud rasa kagum dan bangga saya kepada rekan-rekan dan sobat-sobat sekalian yang sampai saat ini masih istiqomah menjalankan aktifitas hebat sebagai seorang blogger.

Saya juga merasa sangat bersyukur karena ternyata masih banyak blogger yang memiliki impian tinggi dan semangat yang kuat untuk menggapai kehidupan yang sukses dan mulia. Meskipun rasa lelah dan jenuh sering datang menyapa kesibukan blogger, tapi keyakinan yang kokoh bahwa suatu saat kita akan menuai atas apa yang kita "tanam" selalu melekat pada diri seorang blogger.

Tak menjadi suatu masalah yang besar, jika sampai saat ini trafik dan penghasilan blog belum menyentuh sebuah titik yang membuat kita merasa gembira. Karena semua memang harus melalui proses, yang bisa saja berlangsung lambat ataupun cepat. Rasa cinta seorang blogger terhadap proses menuju impian yang ingin diraih merupakan pondasi utama dalam merajut kesuksesan. Tak ada yang instan di dunia ini, kecuali mie instan yang kadang kita jadikan sebagai menu andalan keluarga.

Saya Seorang Blogger

Gerakan literasi digital mengandung pengertian sebagai gerakan literasi yang memanfaatkan perangkat komputer sebagai sarana untuk mengolah data dan informasi. Menurut Bawden (2001), literasi digital banyak dikaitkan dengan keterampilan teknis dalam mengakses, merangkai, memahami, dan menyebarluaskan informasi. Pemerintah Indonesia pun sedang gencar-gencarnya mengajak warganet untuk turut mendukung Gerakan Nasional Literasi Digital yang disiarkan melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.


Apa yang selama ini dilakukan para blogger terbukti telah meningkatkan kualitas gerakan literasi digital ini. Blogger yang semula mengalami kesulitan / kerepotan saat pertama kali membuat sebuah blog atau website, makin lama menjadi semakin terampil dalam mengelola blog-blog yang dimilikinya. Sehingga warganet di seluruh Nusantara bisa mendapatkan konten digital dengan berbagai tema, berbagai sudut pandang, yang kualitasnya semakin diperbaharui setiap saat.

Ketersediaan informasi yang melimpah ruah dan berkualitas merupakan harapan para pengguna internet di Indonesia. Menurut saya ini menjadi peluang besar yang bisa segera difollow up oleh seorang blogger. Saya yakin, apabila suatu saat blogger bisa memberikan konten / artikel yang bermanfaat dalam jumlah yang memadai, pengguna internet pun akan semakin aktif untuk mengakses informasi-informasi handal yang bisa memberikan motivasi warganet untuk berbuat kebaikan.

Dengan demikian kunci suksenya gerakan literasi digital sebenarnya ada pada diri blogger-blogger di Indonesia maupun negara lainnya. Karena merekalah yang rutin mengakses, memahami, merangkai, mengolah data dan informasi yang dikemas dalam artikel-artikel pada blog untuk disebarluaskan kembali di internet.

Mereka (dan juga saya) melakukan semua itu tanpa paksaan dari siapapun alias atas kemauan (motivasi yang kuat) dari blogger itu sendiri. Saya berharap rekan-rekan dan sobat-sobat blogger sekalian memiliki semangat bertubi-tubi untuk tetap istiqomah mendukung gerakan nasional literasi digital. Semoga sukses dan mulia selalu menemani hari-hari kita. Salam Olahraga!
Previous
Next Post »

6 komentar

  1. Artikelnya bagus dan jadi penyemangat 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bang Himawan, salam sukses selalu.

      Hapus
  2. Sungguh sangat setuju dengan artikel diatas, mungkin dengan begitu berita hoax akan mulai berkurang bahkan tidak ada lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip Mas Wafa. Jangan pernah berhenti untuk menyebarluaskan informasi yang bermanfaat untuk sesama.

      Hapus
  3. Ayooo mas dody kita jadi generasi blogger sukses dan mendulang rezeki yang halal dan berkahhh chayoii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Chayoii juga...hahahaha.
      Maju terus pantang kejengkang mba Vika, semoga sukses dan gembira!

      Hapus

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya