Pesona Kalimantan - Profil Kabupaten Kutai Kartanegara

00.05
Indonesia memiliki tempat-tempat bersejarah yang unik dan menarik. Berbagai sumber daya alam dan manusia berpadu dalam keharmonisan membentuk berbagai macam kearifan lokal. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi seputar Kabupaten Kutai Kartanegara yang berada di Provinsi Kalimantan Timur. Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan kelanjutan dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Pada tahun 1947, Kesultanan berubah statusnya menjadi pemerintahan negeri dengan nama Daerah Swapraja Kutai.

Pada tahun 1955 berubah lagi menjadi Daerah Istimewa Kutai (1953). Pada tahun 1959, setelah pemisahan Kota Madya Balikpapan dan Samarinda, nama daerah ini berubah lagi menjadi Kabupaten Kutai. Pada tahun 1999, terdapat pemekaran wilayah menjadi 3 Kabupaten (Kutai, Kutai Barat, Kutai Timur) dan 1 Kota (Bontang), dan sejak 2002 Kabupaten Kutai berganti nama menjadi Kabupaten Kutai Kartanegara.

Secara administratif, Kabupaten Kutai Kartanegara terbagi dalam 18 wilayah Kecamatan dan 238 desa / kelurahan dengan penduduk berasal dari beraneka ragam suku bangsa, yang hidup secara berdampingan dan harmonis dengan suku asli Kutai dan Dayak. Dengan luas wilayah lebih dari 27.263,10 km2 (daratan) dan perairan 4097 km2, daerah ini memiliki keanekaragaman sumber daya alam termasuk sektor pariwisata.

Daerah Aliran Sungai Mahakam, Kutai Kartanegara
Daerah Aliran Sungai Mahakam, Kutai Kartanegara

Kita dapat mengunjungi berbagai jenis obyek dan atraksi wisata terdapat di Kabupaten Kutai Kartanegara ini, yakni mulai dari wisata alam (seperti pantai, danau, sungai, cagar alam dengan fauna langka), wisata budaya (Festival Erau, Museum Mulawarman, Kedaton, Desa Budaya, Situs Yupa dan cagar budaya lainnya), wisata pendidikan (Planetarium Jagad Raya, Museum Kayu), wisata minat khusus (air terjun, goa, anggrek liar, Canopy Bridge, dan Borneo Orangutan Survival), sampai pada wisata buatan (Pulau Kumala dan Waduk Panji Sukarame).

Keragaman hayati yang ada menjadikan daerah ini juga kaya akan jenis kuliner ikan khas air tawar seperti udang galah, ikan patin, nila, baong, jelawat, gabus maupun kuliner khas pesisir seperti kepiting, udang laut, dan jenis ikan laut lainnya. Belum lagi kelezatan kuliner khas “rumah besar” yang menyajikan penganan khas Kesultanan.

Demikian pula dengan jajanan khasnya seperti serabai, roti gembong, aneka pudang (sejenis kue talam) dan penganan lainnya. Sedangkan benda-benda kerajinan khas dayak, kain tenun doyo maupun alat-alat musik tradisional Kutai menjadi souvenir kenangan yang dapat dibeli para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kabupten Kutai Kartanegara bisa menjadi destinasi wisata favorit keluarga Anda di kesempatan liburan nanti.
Previous
Next Post »

6 komentar

  1. Berenang disitu nampaknya asik banget tuh. Betewe ada buayanya gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang saja, buayanya sudah jinak kok, hehehehe.

      Hapus
  2. banyak juga tujuan wisata yang ada di Kutai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Sobat, saya sampai pusing, tempat mana dulu yang harus dituju.

      Hapus
  3. tempat yg sangat mengasyikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan romantis tentunya. Bisa dijadikan tempat tujuan liburan keluarga selanjutnya Bang Rustadi.

      Hapus

Komentar Pengunjung Blog