Hindari Kebakaran Dengan Instalasi Listrik Yang Baik

18.53
Listrik merupakan kebutuhan wajib manusia akan energi dimasa sekarang. Listrik digunakan untuk penerangan, menyalakan peralatan elektronik, menyalakan mesin pompa air, dan lain sebagainya. Dengan tersedianya pasokan listrik yang cukup akan memberikan rasa nyaman dalam beraktivitas dan bekerja. Listrik telah menghidupkan malam-malam di perkotaan menjadi semarak dan meriah.

Pemasangan instalasi listrik yang buruk di rumah kita akan berbahaya bagi keselamatan anggota keluarga. Salah satu hal yang sering menyebabkan kebakaran adalah korsleting listrik karena kelalaian pengguna dan karena instalasi yang tidak sesuai prosedur. Korsleting listrik pada umumnya disebabkan oleh adanya konduktor positif dan negatif yang terdapat dalam kabel yang berhubungan satu sama lain.

Hal ini dapat disebabkan oleh penyambungan kabel-kabel yang tidak memperhatikan kutub-kutub listrik atau adanya konduktor dari kabel yang tidak tertutup oleh bahan isolator secara sempurna. Sehingga, konduktor positif dan negatif yang saling berhubungan tersebut akan menyebabkan hubungan pendek yang menghasilkan arus listrik yang sangat besar pada kabel dan akan menghasilkan panas yang luar biasa dalam waktu cepat, biasanya energi panas yang dihasilkan ini dapat disertai dengan ledakan yang kuat dengan suhu yang sangat tinggi.

Hindari Kebakaran Dengan Instalasi Listrik Yang Baik
Hindari Kebakaran Dengan Instalasi Listrik Yang Baik

Suhu ledakan yang tinggi tersebut  dapat membakar benda-benda yang ada disekitarnya, terutama benda-benda yang mudah terbakar seperti kertas, kain, atau kayu. Karena itu beberapa hal berikut ini harus diperhatikan terutama saat sebuah rumah atau bangunan akan dipasang instalasi listrik baru:

Pertama, percayakan pekerjaan instalasi listrik kepada ahlinya. Meskipun harga instalasi listrik dari ahlinya ini lebih mahal, ini adalah hal yang masuk akal mengingat listrik merupakan energi dengan daya yang besar yang jika salah dalam pemasangan akan berakibat fatal. Si ahli listrik ini juga tahu hal-hal sepele seperti berapa Ampere saklar MCB yang harus dipasang dan lain sebagainya. Gunakan penyedia jasa instalasi listrik yang memiliki sertifikat SLO ( Sertifikat Layak Operasi) atau paling tidak terdaftar sebagai anggota AKLI (Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia).

Kedua, awasi pekerjaan instalasi baru listrik ini terutama saat pemasangan dan penyambungan kabel-kabel utama. Jalur kabel harus kita ingat dan kalau perlu kita buat gambar denahnya, agar ketika terjadi trouble di kemudian hari dapat dengan cepat teratasi. Korsleting sering terjadi pada sambungan kabel. Perhatikan pula pemasangan stop kontak agar aman bagi anak-anak dan bebas dari gangguan banjir.

Ketiga, mintalah kepada sang teknisi untuk menambahkan bagian grounding untuk instalasi listrik rumah kita. Grounding bermanfaat ketika terjadi gangguan pada gardu listrik atau sebagai safety saat terjadi petir di musim hujan. Peralatan elektronik pun akan terjaga keawetannya, karena arus listrik yang mengalir pada peralatan elektronik sesuai kebutuhan, ketika ada kelebihan arus maka akan terlepas melalui sistem grounding yang telah dipasang.

Keempat, kita harus menguji langsung instalasi yang sudah dikerjakan, apakah sudah aman untuk digunakan. Pastikan bahwa arus listrik yang keluar dari stop kontak adalah lubang yang satunya plus dan lubang lainnya minus. Pernah terjadi di suatu komplek perumahan di Jakarta Utara, peralatan elektronik dan lampu tiba-tiba meledak dan setelah diuji dengan testpen ternyata arus yang keluar pada lubang stop kontak adalah plus plus. Dan setelah melalaui proses perbaikan instalasi oleh petugas PLN Jakarta Utara, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan baik.

Keamanan dan kenyamanan rumah niscaya akan terjaga dengan memperhatikan langkah-langkah diatas. Dengan demikian kita akan terhindar dari bahaya kebakaran akibat korsleting listrik. Hindari juga pemakaian listrik secara ilegal, karena selain membahayakan keselamatan jiwa, tindakan ini juga tergolong tindak kejahatan yang dapat dipidanakan.
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Kadang di kampung jarang yang memperhatikan cara pemasangan listrik yg benar. Saya pernah lihat penambahan instalasi baru cuma dipasang sendiri dgn banyak stop kontak dimana tanpa saklar kang hikhik. pdhl kan kalo dipercayakan sama yg ahli instalasi listrik gk bakal kelihatan semrawut yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang demikian Bang Eka, untuk rumah yang sudah bagus sebaiknya diimbangi instalasi listrik yang baik.

      Hapus