Pesona Nusantara - Pentingnya Melestarikan Budaya Indonesia

00.31
Alam Indonesia yang berbasis kepulauan mengandung berbagai macam kekayaaan yang menakjubkan dan unik yang menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi Bangsa Indonesia. Budaya merupakan salah satu kekayaan Nusantara yang tiada bandingannya di dunia. Mulai dari berbagai alat musik tradisional, tari-tarian tradisional, pakaian adat dari berbagai suku yang ada di Indonesia, lagu-lagu daerah yang sangat melegenda, merupakan kekayaan Indonesia yang tampaknya kurang dihargai oleh sebagian warga negara Indonesia.

Jika dilihat dari sisi bisnis, maka "produk budaya" masyarakat Indonesia ini tak ternilai harganya. Boleh dikatakan merupakan karya cipta yang sangat berkelas dan mahal nilainya, tak bisa diukur dengan nominal uang. Karena untuk menciptakan suatu budaya tentu membutuhkan proses yang cukup lama, yang dilakukan oleh nenek moyang kita yang terwujud dalam kesenian, nyanyian-nyanyian, adat-adat seperti pernikahan, syukuran, dan lain sebagainya.

Tari Balean Dadas dari Kalimantan Tengah
Tari Balean Dadas dari Kalimantan Tengah
Gambar: http://patainanews.com/pesona-nusantara-dukung-promosi-budaya-indonesia/

Sebagai contoh adalah angklung yang merupakan alat musik kesenian tradisional dari Jawa Barat bernada ganda yang dimainkan dengan cara digoyangkan. Alat musik Angklung Indonesia telah mendapat pengakuan resmi dari UNESCO sebagai bagian dari World Heritage pada 19 Januari 2011. Sertifikat pun diserahkan oleh mantan Duta Besar RI untuk UNESCO, Tresna Dermawan Kunaefi kepada Menteri Pendidikan Nasional pada masa itu, yaitu Muhammad Nuh. Artinya dunia pun sudah mengakui kekayaan budaya Nusantara ini sebagai warisan dan keajaiban dunia.

Hal yang cukup membuat kita prihatin adalah kenyataan yang menunjukkan bahwa budaya Indonesia seperti alat musik tradisional Angklung ini kurang digemari anak-anak muda penerus bangsa di negeri sendiri. Padahal, selain menjadi warisan budaya alat musik Angklung pun ternyata digemari di luar negeri, negara-negara seperti Korea, Jepang, dan Malaysia telah mengenalkan angklung pada anak-anak usia sekolah di negara mereka masing-masing. Rupanya generasi muda Indonesia belum sepenuhnya menyadari bahwa budaya Indonesia sudah seharusnya untuk dijaga dan dilestarikan. Jangan sampai terulang kembali kejadian dipatenkannya beberapa budaya Indonesia oleh negara lain.

Tari Burung Enggang - Kalimantan Timur

Pertunjukkan kesenian dan kearifan lokal hendaknya menjadi satu paket dengan program peningkatan kualitas infrastruktur obyek-obyek wisata yang ada di Indonesia. Seperti yang dilakukan di Bali misalnya, para wisatawan Nusantara dan mancanegara dapat menikmati keindahan alam Pulau Bali sekaligus menyaksikan tarian-tarian tradisional Bali yang dikemas secara apik dan menarik. Sehingga selain mendapatkan keuntungan dari sektor pariwisata, Indonesia juga telah menunjukkan upaya yang baik dalam menjaga dan melestarikan budaya bangsa yang luar biasa.
Previous
Next Post »

4 komentar

  1. betul sekali pak, Indonesia sangat kaya akan budaya nya. baik bahasa, suku,musik tradisional dan lain2. Terutama Musik tradisional dan Tari-tarian, pasti susah banget kalau disuruh nyebutkan satu-satu karena begitu banyaknya. Kita sebagai warga negara semua berkewajiban melestarikannya agar generasi penerus yg akan datang tidak lupa akan kebudayaannya sendiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, semoga sukses untuk pariwisata Indonesia.

      Hapus
  2. Bhinneka Tungga Ika jangan sampai ditinggalkan.
    Indonesia banyak kekayaan alamnya, juga banyak budaya-budaya yang dikagumi oleh dunia.

    Sudah sepantasnyalah kita semua ikut andil dalam melestarikan budaya-budaya Indonesia
    Jangan hanya satu suku saja yang diunggulkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Terima kasih sobat.

      Hapus

Komentar Pengunjung Blog