25 Aktifitas Positif Yang Dapat Menjaga Mood Anda

16.54

Aktifitas Positif Dapat Mempengaruhi Mood Anda

Menjaga mood atau suasana hati memang bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Berbagai macam faktor dapat mempengaruhi mood manusia. Nah, agar mood Anda tetap terjaga dengan baik, ada 25 Aktifitas Positif Yang Dapat Menjaga "Mood" Anda.

Aktifitas-aktifitas berikut ini mungkin bisa membantu Anda pada saat rasa jenuh dan penat mulai menghampiri, agar kembali bersemangat seperti sedia kala. Dengan melakukan 25 aktifitas positif ini mudah-mudahan dapat merubah keyakinan kita bahwa hidup itu sebenarnya indah asalkan kita mau menerima dan memaafkan kekurangan diri sendiri.

25 Aktifitas Positif Yang Dapat Menjaga Mood Anda

Agar "mood" kita tetap terjaga, Anda dapat melakukan aktifitas-aktifitas yang berfungsi sebagai "mood booster" berikut ini:

Aktifitas #1 : Berenang


Berenang untuk kesehatan fisik dan mental
Berenang untuk kesehatan fisik dan mental


Renang adalah salah satu olahraga yang menyehatkan tubuh manusia. Dengan rutin melakukan olahraga renang, maka kesehatan organ pernapasan manusia akan semakin membaik. Berenang sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah pernapasan.

Tentu saja Anda harus melakukan aktifitas berenang ini mengikuti aturan keselamatan dan prosedur yang benar dalam berenang. Dengan demikian akibat buruk seperti tenggelam saat kaki mengalami kram dapat dihindari.
Renang kini bahkan sudah menjadi tujuan utama keluarga yang berwisata ke suatu tempat. Mereka dengan senang dan ceria menghabiskan waktu bersama keluarga di kolam renang. Berbagai obyek wisata air baik yang berada di daerah perkotaan ataupun yang berada di daerah pegunungan mulai banyak menawarkan paket wisata air.

Dengan fasilitas yang memanjakan para pengunjung, yakni menyediakan kolam renang dengan berbagai macam variasi fasilitas yang ada di dalamnya. Wisata air ini sangat digemari anak-anak, dan tak sedikit pula orang dewasa yang hobi berenang.

Orang tua yang mendampingi putra-putrinya berenang dapat menyiasati mahalnya biaya untuk membeli jajanan di lokasi kolam renang dengan membawa bekal dari rumah. Sehingga tidak semua jajanan harus dibeli.

Meski terkadang ada beberapa kolam renang yang tak mengizinkan pengunjung untuk membawa makanan atau minuman, artinya Anda harus sembunyi-sembunyi dalam membawa makanan dari rumah. Jangan sampai ketahuan ya.

Aktifitas #2 : Beribadah

Manusia dilahirkan di dunia dengan dianugerahi tiga kemampuan yang sering diukur dengan perhitungan tertentu. Tiga kemampuan ini sering diistilahkan dengan kecerdasan-kecerdasan yang dimiliki manusia sejak lahir dan akan terus terasah dengan baik mengikuti pertambahan usianya dari mulai balita sampai dewasa.

Secara umum manusia memiliki tiga macam kecerdasan, yakni Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual. Menurut Stephen R. Covey, pengertian kecerdasan intelektual adalah kecerdasan manusia yang berhubungan dengan mentalitas, yaitu kecerdasan untuk menganalisis, berfikir, menentukan kausalitas, berfikir abstrak, bahasa, visualisasi, dan memahami sesuatu.


berdoa merupakan mood booster
Berdoa, gambar ummi-online.com

Kecerdasan emosional digambarkan sebagai kemampuan untuk memahami suatu kondisi perasaan seseorang, bisa terhadap diri sendiri ataupun terhadap orang lain, kecerdasan ini lebih tepat diungkapkan dengan What I Feel (apa yang saya rasakan).

Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan untuk menghadapi persoalan makna atau value, yaitu kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup kita dalan konteks makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain (Danar Zohar dan Ian Marshal).

Kecerdasan spiritual dewasa ini tengah menjadi perbincangan dan bahan diskusi yang menarik karena kecerdasan spiritual ini yang menjadikan kehidupan manusia dapat mendekati pada sisi yang sempurna menurut persepsi manusia itu sendiri.

Beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing akan mendongkrak potensi luar biasa manusia, sehingga ia dapat hidup lebih sejahtera, lebih kaya, namun tetap memiliki tingkat kepedulian yang tinggi terhadap manusia lainnya.

Berdoa merupakan salah satu aktifitas utama dalam beribadah. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa beribadah merupakan "mood booster" terbaik bagi manusia.

Aktifitas #3 : Berkebun

Pernahkah Anda menanam pohon mangga di halaman depan rumah? Atau pernahkah Anda menanam pohon cabai yang kelak dapat dipetik sang ibu untuk keperluan bumbu dapur saat memasak sambel tempe? Yah...aktifitas menanam sebuah pohon bisa dikategorikan sebagai aktivitas berkebun.

Tujuannya adalah pohon yang kita tanam tersebut akan memberikan banyak manfaat untuk keluarga. Manfaat utama dari menanam pohon adalah agar udara di sekitar tempat tinggal kita menjadi lebih sejuk, lebih fresh, dan dapat meningkatkan kualitas hidup serta menjaga "mood" Anda karena kesehatan organ paru-paru kita semakin membaik.

Berkebun untuk menjaga suasana hati
Berkebun untuk menjaga suasana hati

Berkebun bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, dan tanah yang sempit tak menjadi persoalan bagi kita untuk melakukan aktifitas berkebun ini. Karena zaman sekarang semakin jarang orang yang memiliki lahan yang luas untuk menanam pohon kesayangan mereka.

Yang terpenting dalam aktifitas berkebun ini adalah sedapat mungkin memberikan rasa senang dan gembira akibat interaksi yang baik antara manusia dengan lingkungan.

Aktifitas #4 : Bermain Dengan Hewan Peliharaan

Bermain dengan hewan peliharaan juga termasuk aktifitas positif yang akan meningkatkan mood Anda. Perilaku lucu dan menggemaskan dari hewan peliharaan memberikan rasa gembira dan kepuasan batin yang tak terhingga.

Hewan peliharaan ini pun dapat kita latih untuk mengerjakan hal-hal tertentu yang dapat membantu pekerjaan kita sehari-hari. Anda dapat melatih hewan peliharaan tersebut untuk menjaga rumah layaknya seperti seorang satpam.

Atau mengajarkan hewan kesayangan Anda untuk berakting selucu mungkin yang dapat Anda buat video rekamannya. Lalu Anda unggah ke situ Youtube dan dishare ke sebanyak mungkin orang.

Hewan peliharaan kesayangan
Hewan peliharaan, gambar dagelan.co

Selain itu hewan peliharaan yang termasuk kategori binatang ternak, dapat kita kembangbiakkan untuk meningkatkan penghasilan keluarga. Dengan demikian ada manfaat ganda yang Anda peroleh. 

Misalnya jika Anda senang memelihara ikan gurameh, ini hal baik karena harga ikan gurameh semakin tahun semakin mahal. Mood Anda terjaga, semangat hidup semakin baik dan tentu saja uang akan mengalir ke brankas pribadi Anda.

Aktifitas #5 : Bermain Dengan Si Kecil

Anak kecil merupakan sosok manusia yang perilaku dan gerak-geriknya paling natural alias tidak dibuat-buat, pikiran anak kecil belum banyak terpengaruh hal-hal negatif. Anak akan berekspresi tanpa harus memikirkan banyak hal, sehingga apa yang dia lakukan akan terlihat sangat menarik dan menggemaskan.

Senyuman dan ketawa cekikik anak kecil dapat memberikan sinyal kebahagiaan bagi orang dewasa yang melihatnya. Melihat senyuman mereka, berakibat orang dewasa akan terbakar hormon yang memproduksi rasa bahagia.

Bermain dengan si kecil
Bermain dengan si kecil


Apabila Anda sedang merasa jenuh dan letih akibat beban pekerjaan yang semakin berat, luangkanlah sejenak untuk bermain dengan putra-putri kesayangan Anda, keponakan, atau adik kandung Anda yang masih balita. Kedekatan dengan anak kecil akan menumbuhkan perasaan cinta kasih dan kepedulian terhadap sesama.

Kita kadang juga perlu belajar dari anak kecil agar hidup tidak terbebani dengan masalah sehari-hari orang dewasa. Rangkul dan ajaklah mereka bicara dari hati ke hati dengan bahasa sederhana yang penuh kelembutan.

Aktifitas #6 : Bermain Alat Musik

Musik memberikan nuansa positif tersendiri bagi manusia. Musik dapat menegaskan tentang peristiwa, kejadian, aktivitas, atau apapun yang sedang kita rasakan. Saat manusia sedang sedih, musik dapat membantu manusia untuk meresapi kesedihan dengan lebih bijaksana.

Dan saat sedang merasakan kebahagiaan musik juga membantu manusia berekspresi lebih dewasa dan tidak berlebihan.

Bermain musik merupakan salah satu aktifitas positif yang memberikan banyak manfaat. Perasaan atau emosi seseorang akan tersalurkan dengan baik saat sedang bermain musik. Saat jari tangan manusia mulai menggerakkan beberapa bagian dari alat musik, saat itu juga otak bawah sadar sedang menata dirinya mengikuti aktifitas bermusik kita.

Beberapa potensi yang tertanam di dalam diri manusia yang merupakan bawaan sejak lahir akan muncul satu per satu. Ini artinya musik akan mempertajam daya imaginasi dan melahirkan kreativitas-kreativitas baru.

Bermain Alat Musik
Bermain Alat Musik

Anda dapat mulai mencoba belajar memainkan salah satu alat musik yang Anda sukai dan Anda rasa bisa menguasai alat musik tersebut. Piano dan gitar merupakan alat musik yang paling digemari banyak orang.

Tentu saja bermain piano terlihat lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan bermain gitar. Hal ini karena saat memainkan gitar, jari tangan Anda harus berada pada posisi dan penekanan yang pas.

Jika tidak maka nada yang dihasilkan akan terdengar aneh alias fals. Karena itu untuk Anda yang belum pernah sama sekali memainkan alat musik, belajar memainkan alat musik piano atau keyboard adalah pilihan pertama yang bisa Anda coba.

Dengarkan nada-nada yang terdengar merdu saat Anda menekan tuts-tuts piano atau saat jari Anda bersentuhan dengan senar gitar. Rasakan bedanya, dan bedakan rasanya.

Aktifitas #7 : Bernyanyi / Karaoke

Menyanyikan salah satu lagu favorit dengan segenap ekspresi merupakan salah satu cara yang apik untuk menumpahkan gejolak emosi yang sedang kita alami.

Saat manusia sedang mengalami kondisi emosi yang kuat seperti saat marah, sedih, atau saat sedang jatuh cinta, menyanyi adalah hal positif yang dapat kita lakukan untuk membimbing perilaku kita agar tidak melakukan tindakan negatif yang hanya akan merusak citra diri dan merugikan diri kita sendiri.

Saat Anda sedang marah, cobalah untuk menyanyikan lagu yang bernada cepat seperti lagu rock. Kemudian setelah sekian lama menyayikan lagu rock tersebut, mulailah untuk menyanyikan lagu yang bernada lebih lembut atau slow.

Ini perlahan akan meredam amarah kita dan menurunkan tekanan darah atau depresi yang mungkin saja muncul kemudian. Dan suasana hati Anda pun akan kembali stabil seperti sedia kala.

Bernyanyi / karaoke untuk menjaga mood
 Bernyanyi / karaoke untuk menjaga mood

Anda dapat juga menggunakan aplikasi Karaoke yang dapat diinstal pada gadget kesayangan Anda. Contohnya aplikasi berbasis Android bernama "Smule" yang bisa Anda download melalui Play Store dan gunakan untuk berkaraoke.

Meskipun gratis saat penginstalan, aplikasi ini akan mewajibkan penggunanya untuk membayar Rp. 12.000,- per bulan, untuk menikmati fitur-fitur premium yang ada di dalam aplikasi Smule ini. Buat saya, uang sejumlah itu terbilang sangat murah bila dibandingkan biaya sewa ruang karaoke yang per jamnya antara Rp. 50.000,- sampai ratusan ribu rupiah.

Aktifitas #8 : Bersepeda

Menikmati udara pagi di sepanjang jalan yang terbentang lahan sawah yang subur sambil bersepeda santai bisa kita jadikan pilihan agar tubuh kita semakin sehat dan pikiran semakin fresh. Bebaskan diri Anda dari kemelut dan problematika hidup sehari-hari.

Ini adalah saatnya bagi Anda untuk memiliki waktu lebih banyak menikmati keindahan alam. Bersepeda di alam lepas terasa berbeda dan sangat mengasyikkan dibanding bersepeda di jalan raya yang padat dengan kendaraan bermotor.

Saya rasa Indonesia masih banyak desa-desa yang dapat Anda pilih sebagai tempat untuk melakukan aktivitas bersepeda santai ini.

Bersepeda santai menikmati alam sekitar
Bersepeda santai menikmati alam sekitar


Anda dapat memilih bersepada asyik bersama pasangan, anak-anak, atau teman yang memiliki hobi yang sama dengan Anda. Selain badan menjadi sehat, mental dan pikiran Anda pun akan semakin segar dan mood selalu terjaga dengan baik.

Bersepeda dan menikmati setiap jengkal jalan yang dilewati akan merangsang hormon penyebab perasaan nyaman dan gembira.

Aktifitas #9 : Bersih-bersih Rumah

Kebersihan merupakan hal yang wajib diutamakan bagi Anda yang ingin tempat tinggalnya jauh dari wabah penyakit. Menjaga kebersihan rumah dengan melakukan aktifitas bersih-bersih rumah ini dapat kita lakukan setiap hari atau saat sedang libur.

Nikmati aktifitas ini karena nanti kita sendirilah yang akan menikmati kondisi rumah yang bersih dan tidak bau. Rasakan dengan penuh penghayatan saat suatu benda atau perabotan Anda lap dan bersihkan, kemudian terlihat mengkilat dan menawan.

Jika Anda tak memiliki banyak waktu untuk bersih-bersih rumah, ajaklah pembantu atau keponakan Anda untuk ikut menyelesaikan acara bersih-bersih rumah ini.

Sehingga Anda tetap dapat menikmati acara bersih-bersih rumah, namun fisik Anda tidak terporsir terlalu banyak karena ada beberapa orang yang membantu Anda.

Aktifitas #10 : Fotografi

Orang Indonesia akhir-akhir ini terjangkit virus selfie yang gencar terjadi di seluruh penjuru tanah air. Meskipun terlihat sedikit lebai, namun aktivitas potret-memotret alias fotografi ini apabila dijadikan aktifitas yang rutin dan serius akan memberikan banyak manfaat positif.

Anda bisa saja terlatih dan akan terkenal menjadi seorang fotografer yang dibayar mahal. Anda dapat juga mempublikasikan gambar, foto hasil jepretan Anda di Internet melalui website sendiri tentunya.

Dan apabila nanti semakin banyak orang yang tertarik untuk melihat atau mendownload foto-foto hasil jepretan Anda, disitulah uang akan mengalir ke kantong dan tentu kepuasan batin dapat Anda rasakan. Tertarik untuk mencoba?

Aktifitas #11 : Ikut Arisan Keluarga

Nah...kalau aktifitas yang satu ini tentu Anda pernah mendengar atau bahkan pernah terlibat di acara arisan keluarga. Arisan keluarga biasanya diadakan sebulan sekali dengan tempat arisan yang berpindah-pindah dari satu rumah ke rumah yang lain sesuai dengan urutan yang sudah disepakati.

Arisan keluarga diadakan berawal dari keinginan anggota keluarga untuk menyatukan keluarga besarnya agar kelak keharmonisan tetap terjaga dan diantara anggota keluarga besar tersebut saling memberikan informasi dan bantuan yang berguna bagi saudara mereka yang sedang membutuhkan saran dan berbagai macam bantuan lainnya.

Wow!!! Bagi Anda yang berprofesi sebagai pebisnis, mengikuti aktivitas arisan keluarga tentu akan meningkatkan penjualan.

Anda dapat menawarkan produk dagangan Anda dan para anggota keluarga lainnya tentu akan dengan senang hati untuk turut mempromosikan bisnis Anda. Karena itu jalinan komunikasi yang baik dalam aktivitas arisan keluarga memberikan keuntungan bagi kita.

Aktifitas #12 : Kerja Bakti

Sudah menjadi kewajiban manusia untuk saling membantu satu sama lain dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang bersifat sosial. Kerja bakti merupakan satu contoh aktifitas positif yang bisa kita lakukan di lingkungan tempat tinggal.

Pekerjaan yang biasanya dilakukan secara gotong royong misalnya membersihkan saluran air yang tersumbat karena sampah, membangun tempat ibadah, membangun fasilitas publik seperti jembatan yang sudah rusak parah, dan berbagai aktivitas lainnya.

Kerja bakti merupakan sarana yang ampuh untuk membangun kepedulian kita terhadap sesama dan mempererat tali persaudaraan diantara sesama. Oleh karena itu, sempatkanlah waktu kita apabila suatu saat di lingkungan tempat tinggal kita sedang ada kegiatan kerja bakti.

Terlibat aktif dalam kegiatan sosial seperti ini akan meningkatkan kualitas hidup karena suatu saat tetangga di sekitar akan dengan sukarela memberikan bantuan tenaga dan pikiran saat kita sedang dilanda musibah.

Aktifitas #13 : Meditasi

Kehidupan manusia modern tak pernah luput dari masalah, tekanan hidup, dan berbagai hal tak terduga yang menyebabkan seseorang merasa stress, frustasi, dan bahkan banyak yang berujung pada rasa bersalah atau putus asa.

Bila tak paham cara mengatasi atau minimal cara agar beban pikiran bisa dikurangi, bukan tak mungkin manusia cenderung melakukan hal-hal yang negatif yang bukannya menyelesaikan masalah, tetapi semakin menambah masalah.

Meditasi adalah aktifitas positif yang patut kita jadikan rutinitas sehari-hari. Meditasi memberikan manfaat yang cukup besar terutama untuk kesehatan organ otak manusia. Dewasa ini banyak penyakit yang diderita manusia berasal dari pikirannya.

Meditasi memberikan waktu yang cukup bagi pikiran kita untuk kembali bekerja sesuai porsinya. Gelombang otak akan bergerak selaras dan ini memberikan efek meningkatkan gairah hidup dan menyegarkan pikiran. Lakukanlah meditasi minimal 5-10 menit sebelum tidur.

Aktifitas #14 : Memancing

Sabar itu indah dan nikmat. Kesabaran sejatinya adalah suatu kecerdasan manusia dalam menyikapi setiap kejadian dengan cara menerima dengan lapang dada segala hal yang menimpa dirinya dan menetukan waktu yang tepat dengan kehati-hatian yang tinggi untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

Sabar artinya kita mau belajar dari setiap peristiwa dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil tindakan. Orang yang sabar akan berhati-hati memilih suatu pilihan dan tak malu untuk menimba pengalaman dari orang lain meski orang tersebut lebih muda darinya.

Memancing di alam terbuka
 Memancing di alam terbuka

Memancing merupakan salah satu aktifitas positif yang dapat memperhalus kualitas kesabaran kita. Memancing ikan di kolam baik di kolam tertutup maupun terbuka memberikan pelajaran yang berharga mengenai manajemen waktu. Ia akan belajar bagaimana meraih tujuan dan merasakan nikmatnya perasaan ketika tujuan tersebut tercapai.

Memancing juga sangat efektif untuk membangun suasana romantis dengan alam sekitar. Anda dapat memancing bersama anggota keluarga di tempat terbuka dengan udara yang segar dan nuansa alam yang eksotik.

Aktifitas #15 : Memasak

Bosan dengan makanan yang Anda beli karena harga yang dikeluarkan tak sebanding dengan rasa makanan yang didapatkan? Hemm...mengapa tak mencoba untuk memasak sendiri menu makanan favorit Anda?

Berbagai panduan memasak kini banyak tersedia di internet, seperti website youtube yang menampilkan konten video memasak berbagai macam menu dari orang biasa sampai video yang menanyangkan sang ahli kuliner nusantara.

Ibu rumah tangga yang gemar memasak lebih disukai anggota keluarga. Anak-anak dan suami akan sangat antusias menanti masakan ibu setiap harinya. Selain itu, memasak makanan tertentu bisa kita jadikan hobi yang positif dengan membuka usaha catering misalnya.

Karena dewasa ini penjual makanan atau warung makan yang menjual makanan dengan cita rasa yang enak dan sehat makin susah dicari. Ini adalah peluang yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan kualitas hidup.

Aktifitas #16 : Membaca Buku

"Buku adalah jendela dunia", demikianlah pepatah lama mengatakan. Membaca buku sangat dianjurkan oleh para ahli motivasi dan membaca buku merupakan salah satu hobi yang sering dilakukan oleh orang-orang sukses.

Dengan membaca buku kita dapat memperdalam suatu pengetahuan dan nantinya akan berujung meningkatkan keterampilan. Dengan memiliki keterampilan yang mumpuni dalam suatu bidang, maka kesuksesan akan selalu mengikuti.

Bacalah buku-buku yang berisi motivasi hidup agar memberikan inspirasi dalam hidup kita. Membaca buku juga merupakan sarana yang efektif untuk bercermin, seperti apakah kualitas diri kita. 

Belajar dan terus belajar dari kekurangan diri sendiri dan belajar dari orang yang berhasil merubah kekurangan diri menjadi aset berharga di kemudian hari.

Aktifitas #17 : Mendaki Gunung

Udara pegunungan yang sejuk dan segar membuat kita menjadi rileks dan bergairah. Untuk Anda yang sehari-harinya bekerja atau beraktifitas di perkotaan yang padat dan selalu terjebak dalam kemacetan lalu lintas, dapat mengobati diri kita dengan melakukan aktifitas pendakian gunung.

Anda akan merasakan suasana alam yang hening dan mendengarkan suara hewan-hewan di hutan yang sangat merdu dan memanjakan telinga.

Mendaki gunung harus dilakukan dengan berkelompok dan mengikuti petunjuk petugas penjaga pintu jalur pendakian. Pastikan Anda membawa perlengkapan dan perbekalan yang cukup namun tidak membenani saat melakukan pendakian.

Ikuti etika yang harus ditaati agar perjalanan Anda selama mendaki gunung berlangsung aman, santai, dan menyenangkan. Selama pendakian Anda dapat mengabadikan beberapa peristiwa alam yang unik dan menarik. 

Aktifitas #18 : Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik tentu berbeda dengan aktifitas seperti menyanyi atau memainkan alat musik. Artinya kita hanya berperan sebagai pendengar saja. Mendengarkan musik paling nikmat dilakukan sambil makan camilan atau sambil tiduran.

Namun, jangan mendengarkan musik menggunakan headset saat perangkat pemutar musik kita sedang diisi baterainya ketika Anda tiduran.

Karena saat kita mulai tertidur, energi listrik yang ada dalam tubuh semakin melemah, sehingga arus listrik dari perangkat elektronik akan mengalir ke arah tubuh dan menggetarkan tubuh seperti saat kesetrum. Dengarkanlah musik dengan wajar dan santai.

Aktifitas #19 : Menikmati Hujan

Hujan adalah anugerah alam yang tak terhingga. Hujan memberikan sinyal kepada tumbuh-tumbuhan untuk melanjutkan proses tumbuh kembang. Hujan merupakan pertanda bahwa bumi akan senantiasa subur dan memberikan kemakmuran bagi umat manusia. Sebuah negri yang sering diguyur hujan selalu mendapatkan hasil bumi yang melimpah.

Menikmati hujan rintik-rintik
Menikmati hujan rintik-rintik


Anda dapat menikmati turunnya hujan dengan duduk di teras rumah sambil melihat dedaunan yang setetes demi setetes tertimpa air hujan. Suara gemericik air hujan merupakan suatu cara terapi pikiran dan emosi yang sangat mujarab.

Karena suara hujan dibuat selaras dengan irama dan detak jantung manusia serta peredaran manusia. Resapilah setiap menitnya dengan rileks dan lamunan positif yang memberikan semangat untuk menjalani hidup. 

Aktifitas #20 : Menikmati Secangkir Wedang

Rutinitas sehari-hari kadang hanya menyisakan waktu yang terbatas bagi manusia untuk memanjakan dirinya. Sehingga sering kita mendengar banyak orang yang tak sempat sarapan pagi atau menikmati secangkir kopi di pagi hari. 

Hal seperti itu terus terjadi berulang-ulang hari demi hari sampai tak disadari ia sudah menjalani aktifitas semacam ini selama puluhan tahun. Yah, puluhan tahun namun Anda tak sempat semenitpun untuk menyeruput minuman hangat di pagi hari.

Kebiasaan seperti ini harus kita rubah. Bangunlah beberapa menit lebih awal agar kita dapat menikmati secangkir wedang kesukaan di pagi hari yang cerah. Gunakan waktu yang kurang dari lima belas menit ini untuk berkomunikasi yang baik dengan anggota keluarga.

Aktifitas #21 : Menonton Film di Bioskop

Menonton film di bioskop dapat kita jadikan pilihan untuk meningkatkan kualitas hidup. Manusia butuh refreshing dan hiburan untuk meringankan beban pikiran. Sejenak manfaatkanlah waktu liburan di akhir pekan bersama orang yang kita cintai untuk menonton film di bioskop.

Menonton film di bioskop tentu terasa lebih menyenangkan karena sound system yang sangat handal dan ruangan yang memang sudah disetting untuk memberikan rasa nyaman saat menonton. Anda tidak akan terganggu dengan suara-suara di sekitar karena mereka semua fokus menonton film. 

Berbeda dengan menonton film di rumah, kita bisa saja terganggu dengan kedatangan tamu yang tiba sewaktu-waktu.

Aktifitas #22 : Menulis

Menulis dapat dijadikan salah satu sarana untuk menuangkan ide, gagasan, mewakili perasaan penulisnya, dan melahirkan inspirasi menakjubkan dari seseorang. Pernah dengar tentang kesuksesan seorang ibu rumah tangga yang berubah hidupnya karena menulis?

Nah, kita dapat mengikuti jejak langkah mereka. Menulis itu menguntungkan. Apalagi bila Anda memahami sedikit tentang internet, menulis dapat dijadikan aktifitas positif untuk menambah pendapatan keluarga.

Seorang komedian seperti Raditya Dika pun dulu mengawali aktifitasnya dengan menulis. Tulis apa yang Anda lihat, Anda rasakan, Anda alami, atau tulis tentang ketiga-tiganya.

Aktifitas #23 : Merawat Kendaraan

Membersihkan motor atau mobil sendiri memberikan sensasi yang berbeda. Sebagai pemilik kendaraan tersebut tentu Anda akan mengetahui dengan detail kondisi kendaraan Anda saat ini. Jika ada yang rusak dan perlu diganti, Anda dapat segera mereparasinya.

Sebagian orang merasa malas merawat kendaraan miliknya karena kesibukan sehari-hari. Tidak harus melakukan perawatan penuh, Anda cukup memeriksa sebagian komponen kendaraan yang vital agar tidak merepotkan saat digunakan di jalan.

Sehingga waktu Anda tak tersita karena rendahnya kepedulian terhadap kendaraan milik Anda.

Aktifitas #24 : Silaturahmi

Ini memang hampir sama dengan mengikuti aktifitas arisan keluarga. Silaturahmi yang dimaksud adalah, bahwa kita menyediakan waktu khusus untuk mengunjungi teman dan kerabat satu persatu agar tercipta hubungan yang lebih dekat dan harmonis.

Melalui teman dan sahabat dekat kita dapat berbagi kisah dan informasi yang dapat memberikan pelajaran dan motivasi berharga bagi kehidupan kita. Pertemuan secara personal memberikan manfaat yang lebih baik ketimbang berkunjung secara bersama-sama secara bergerombol. Biasanya nasihat atau kalimat bijak akan muncul saat komunikasi personal berlangsung.

Aktifitas #25 : Tidur Nyenyak

Tidur nyenyak agar tubuh kembali bugar
Tidur nyenyak agar tubuh kembali bugar

Hemm...kenapa tidur nyenyak dapat meningkatkan kualitas hidup dan menjaga mood? Yah...benar sekali, saat tidur nyenyak organ-organ dalam tubuh akan bekerja secara maksimal untuk memperbaiki se-sel yang lelah, rusak, atau menghidupkan kembali sel-sel tubuh yang telah mati.

Tidur yang tak nyenyak tidak memberikan manfaat apapun bagi tubuh kita. Karena itu, 5 jam tidur nyenyak lebih baik ketimbang 8 jam tidur biasa.

Anda dapat melakukan aktifitas seperti membaca buku, berdoa, atau bermeditasi agar kualitas tidur Anda semakin nyenyak dan bangun dengan kondisi tubuh yang fit dan bugar.

Kesimpulan

Demikianlah 25 Aktifitas Positif Yang Dapat Menjaga Mood Anda. Anda dapat memilih untuk melakukan beberapa diantara aktifitas-aktifitas tersebut agar hidup Anda selalu sehat, sukses, dan gembira.

Tentu saja masih banyak berbagai aktifitas lainnya yang dapat kita lakukan dan berfungsi sebagai mood booster. Sehingga hidup akan terasa nikmat, bahagia, dan selalu bergairah sepanjang hari.

Aktifitas-aktifitas yang saya contohkan ini saya rangkum berdasarkan pengalaman pribadi dan juga pengalaman orang lain. Serta sesuai saran yang diberikan para pakar psikologi ataupun kesehatan manusia lainnya. Semoga bermanfaat. Salam sukses dan mulia!.
Previous
Next Post »

13 komentar

  1. i totally love number 1 and 26. no 2 is the best, no doubt.

    BalasHapus
  2. Banyak kan caranya. Tapi tidur itu sangat penting bagi saya.

    BalasHapus
  3. Banyak kan caranya. Tapi tidur itu sangat penting bagi saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul, tidur pulas dan nyenyak tidak dapat ditukar dengan uang. Dulu ada cerita tentang Si Tukang Kayu dan Raja. Si Tukang Kayu dapat tidur nyenyak setiap hari karena hidup tanpa beban dan tekanan.

      Hapus
  4. renang juga bagus untuk kesehatan

    BalasHapus
  5. Memang begitu sobat, bisa untuk menguatkan organ paru-paru manusia.

    BalasHapus
  6. dulu hiking adalah kegemaran sy, sekarang sejak berhijrah, terpaksa fikirkan hobi baru, hmmm main gitar mungkin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun hobinya yang penting bisa bermanfaat untuk menjaga stabilitas emosi agar hidup tetap semangat. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini.

      Hapus
  7. Maaf Sahabat.. baru sempet mampir nih..Happy nice weekend Friend. Yups Bang Dody terkadang kalo mood kurang bagus.. acara ngeblog juga suka males sekali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bang Thobing, tetap semangat dan semoga lancar urusannya.

      Hapus
  8. Pengiiinn sih main hujan-hujanan lagi kayak waktu kecil dulu ...

    Rasanya seneng bangeeet lari basah-basahan bareng sama temen-temen sepermainan ngga pakai pakaian ...
    Sekaraaaaang .. howaaaa maluu 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...hujan-hujanan naik motor saja Bang.

      Hapus