Waspadai 5 Jenis Penyakit Jantung Ini

21.42
Waspadai 5 Jenis Penyakit Jantung Ini

Sampai saat ini penyakit jantung masih merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Menurut badan kesehatan dunia (WHO), penyakit jantung menyebabkan sekitar 29 % kematian global pertahun. Dari bayi yang baru saja dilahirkan hingga orang dewasa semua berisiko tinggi terkena penyakit jantung ini.

Jantung memiliki empat ruang, yaitu:
  1. Atrium (atrium kiri),
  2. Atrium Dexter (atrium kanan),
  3. Ventrikel Sinister (bilik kiri),
  4. Ventrikel Dexter (bilik kanan).
Agar penanganan penyakit jantung dapat dilakukan dengan baik, dan untuk mencegah agar tidak menimpa keluarga, ada baiknya kita mengenal dan memahami beberapa jenis penyakit jantung berikut ini:


Kelainan Katup Jantung
Katup jantung memiliki fungsi untuk mengendalikan aliran darah di dalam jantung. Saat katup jantung ini mengalami kelainan, aliran darah tersebut akan terganggu, yakni terjadi pengecilan, kebocoran, atau tidak sempurna menutup. Kelainan katup jantung ini bisa merupakan bawaan manusia sejak lahir ataupun sebagai efek samping dari sebuah pengobatan yang sedang atau pernah dilakukan sebelumnya.
Kardiomiopati
Penyakit ini adalah karena adanya kerusakan atau gangguan pada otot jantung sehingga dinding-dinding jantung menjadi tidak bergerak secara sempurna ketika sedang memompa darah dan menyedot darah.

Aritmia
Aritmia secara bahasa memiliki arti "irama jantung tidak normal". Aritmia ini disebabkan oleh gangguan rangsang dan penghantaran rangsang jantung yang berat ataupun ringan.

Penyakit Jantung Rematik
Penyakit jantung rematik merupakan penyakit jantung yang disebabkan karena terjadi kerusakan katup jantung sebagai akibat dari demam rematik yang dialami seseorang. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Streptokokus. Dan biasanya pasien mengalami radang tenggorokan pada awalnya.

Inflamasi Jantung
Inflamasi jantung terjadi di dinding jantung, selaput yang menyelimuti jantung dan bagian dalam jantung. Penyakit ini disebabkan oleh racun, infeksi, dan lain-lain.
Untuk mengetahui seseorang tengah menderita penyakit jantung, kita dapat mengenali macam-macam Gejala Penyakit Jantung:
  • Merasa cepat lelah
  • Sering mengalami nyeri dada
  • Mengalami sesak nafas
  • Bagian dada terasa berdebar
  • Seseorang tiba-tiba pingsan
Dengan memahami akan bahaya penyakit jantung, hendaknya kita menjaga agar tubuh tetap sehat dengan cara makan dan minum yang bergizi sesuai porsi yang benar, olah raga secara teratur, istirahat atau tidur yang cukup, dan jangan biarkan stress terus mengiringi hari-hari ceria kita.
Previous
Next Post »
0 Komentar