Hujan dan Genangan Air Pertama Di Jakarta Utara

20.11
Hujan deras yang mengguyur di sebagian besar wilayah Jakarta Rabu pagi, 27 September 2017 ini telah menyebabkan kemacetan lalu lintas di jalan-jalan protokol ibukota. Untuk wilayah Jakarta Utara misalnya, akibat genangan air di Jalan Yos Sudarso terutama yang ke arah Sunter, kendaraan yang melintas di jalur ini mengalami kemacetan yang cukup parah. Hujan yang terjadi sejak pagi tadi sekitar pukul 05.30 WIB meskipun berlangsung hanya selama 2 jam, sudah cukup untuk membuat jalanan tergenang dan sungai-sungai yang berada di Jakarta Utara ketinggian airnya semakin menaik. Contohnya di jalan protokol yang ada di wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara, sungai-sungai yang ada di wilayah ini terlihat hampir mencapai pembatas sungai.

Wilayah Astra Jakarta Utara mulai tergenang air.

Bagi saya ini adalah awal musim hujan yang berlaku untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Meskipun di daerah lain sudah turun hujan, nampak hujan di pagi hari benar-benar dirasakan sebagai hujan pertama yang mengguyur kota Jakarta. Karena hujan yang terjadi sebelum hari ini hanya berupa gerimis kecil yang berlangsung selama beberapa menit.
 
Kecelakaan truk tanki Pertamina di Tol Wiyoto Wiyono arah Tanjung Priok Kecelakaan truk tanki Pertamina di Tol Wiyoto Wiyono arah Tanjung Priok

Setiap terjadi hujan, sebenarnya sudah bisa dipastikan menyebabkan kemacetan lalu lintas, karena banyak pengendara kendaraan bermotor yang berhati-hati dengan jalanan yang licin atau terperosok ke dalam lubang di jalan beraspal yang seringkali tidak terlihat karena tertutup air. Apalagi di saat-saat hujan kemudian terjadi kecelakaan lalu lintas, bisa Anda bayangkan seperti apa semrawutnya kondisi jalan raya di saat jam sibuk seperti pagi ini.

Telah terjadi juga kecelakaan truk tanki Pertamina 8.000 Liter di Tol Wiyoto Wiyono arah Tanjung Priok di dekat pintu keluar tol arah Cempaka Putih. Truk tanki Pertamina tersebut terlihat menabrak pembatas jalan dan membuat jalan tol macet. Kecelakaan ini semakin memperparah kemacetan yang terjadi akibat hujan deras sekitar dua jam di pagi hari ini.

Warga DKI Jakarta hendaknya selalu waspada dan berhati-hati saat mengemudikan kendaraan bermotor, dan membawa perlengkapan yang memadai seperti jas hujan maupun memastikan bahwa kendaraan telah terisi bahan bakar yang cukup agar tidak mengalami kesulitan saat hujan tiba-tiba mengguyur di tengah perjalanan. Siapkan kondisi rumah tempat tinggal untuk menghadapi kemungkinan terjadinya banjir yang tidak bisa diprediksi seperti tahun-tahun sebelumnya, karena sebagus apapun saluran air dan irigasi, jika debit air hujan sangat tinggi maka banjir tetap akan terjadi.
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. sini belum hujan gan
    Jangan sampai banjir lah

    BalasHapus
  2. Mudah-mudahan tidak ada banjir berkepanjangan...banjir lima menit wajar jika hujan deras.

    BalasHapus

Komentar Pengunjung Blog