Cara Kirim Data Aplikasi PMP 2.0

02.54
Selain diwajibkan untuk menyelesaikan input data pada aplikasi Dapodik, semua sekolah yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Indonesia juga diwajibkan untuk menginput kuisioner pada aplikasi penjaminan mutu pendidikan (aplikasi PMP) yang terintegrasi dengan database sistem Dapodik. Tak heran jika di bulan September tahun 2017 ini banyak operator sekolah yang tengah sibuk dan lembur untuk mengerjakan dua tugas mulia tersebut. Belum lagi bagi operator sekolah yang ada di wilayah DKI Jakarta, mereka ada tambahan kerja lagi yakni menginput data peserta didik pada sistem Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Kolom Kuisioner Guru Yang Tidak Muncul Pada Aplikasi PMP 2.0
Kolom Kuisioner Guru Yang Tidak Muncul Pada Aplikasi PMP 2.0

Mengisi kuisioner pada Aplikasi PMP tidak selamanya mulus, seperti pada gambar diatas pada bagian kolom sarana dan prasarana yang merupakan kolom kuisioner untuk guru, pertanyaan tidak muncul. Ini tentu menimbulkan tanda tanya. Tetapi saat dikonfirmasi selesai, tampaknya tampilan seperti ini tidak membuat aplikasi PMP ini error dan data tetap dapat dilakukan. Yakni, setelah pada bagian kirim data semua sudah tercentang berwarna hijau dan tidak ada yang berwarna merah. Itu artinya kita sudah boleh mengirim data untuk yang pertama kalinya.

Siap Kirim data Perdana Aplikasi PMP
Siap Kirim data Perdana Aplikasi PMP

Alhamdulillah, proses pengisian aplikasi PMP di sekolah kami berjalan mulus, baik saat penginstallan aplikasi PMP 2.0, pengisian kuisioner, maupun saat kirim data. Setelah kami install dapodik, barulah kemudian kami install aplikasi PMP ini. Dengan syarat bahwa proses uninstall aplikasi Dapodik maupun PMP versi sebelumnya harus dilakukan dengan benar dan pastikan semua registry bersih dan kita sudah merestart komputer sebelum menginstall aplikasi yang baru. Tidak seperti pada pengiriman data PMP tahun lalu yang mengalami gangguan dan susahnya minta ampun, pada pengiriman data PMP tahun ini berlangsung selama 1 menit 3 detik dengan menggunakan koneksi internet telkom speedy. Mudah-mudahan rekan-rekan operator dapat menyelesaikan pengisian kuisioner PMP dengan lancar sampai selesai dan diakhiri dengan menyruput secangkir teh atau kopi hangat, sehangat matahari pagi. Aamiin.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar Pengunjung Blog