7 Tips Agar Merasa Nyaman Hidup Di Usia Tua

23.00
7 Tips Agar Merasa Nyaman Hidup Di Usia Tua
Nyaman di usia tua. Gambar: metiherawati.com

Menjadi tua ialah proses alami yang sudah pasti akan terjadi pada setiap individu, cepat atau lambat. Karena tak bisa dihindari, maka yang harus disiasati adalah bagaimana caranya supaya meskipun sudah berumur tua namun kesehatan tetap terjaga baik kondisi secara mental dan fisik, selain itu yang tak kalah pentingnya adalah kita bisa merasa nyaman hidup di usia tua. Berikut ini adalah 7 Tips Agar Merasa Nyaman Hidup Di Usia Tua yang bisa Anda jadikan pertimbangan dalam mengisi hari-hari tua:
  1. Kesehatan Tubuh Mensyaratkan Aktifitas Olah Raga. Ini adalah rumus baku yang tak boleh ditawar, karena olah raga merupakan satu-satunya cara yang ampuh untuk memperbaiki kondisi tubuh yang semakin melemah, memperbaiki sel-sel tubuh yang sering tidak aktif, dan menjaga keseimbangan produksi hormon-hormon yang erat kaitannya dengan kesehatan jiwa. Olah raga sering berdampak langsung bagi peningkatan kepribadian seseorang, ia akan menjadi lebih percaya diri, berani, dan tak mudah putus asa.
  2. Makan Teratur Dengan Porsi dan Kandungan Gizi Seimbang. Saat usia muda, mungkin tak pernah ada rasa takut dan khawatir misalnya ketika Anda memakan makanan yang mengandung gula atau garam. Namun, saat mengalami usia tua, setiap makanan yang dikonsumsi akan berdampak langsung bagi kesehatan, jadi Anda tak perlu menunggu waktu lama, dalam beberapa jam tubuh kita akan merasakan sakit akibat makan yang berlebihan. Karena itu agar terhindar berbagai penyakit yang akan menyusahkan aktifitas keseharian kita, lebih baik gunakan saran dari dokter dan ahli gizi lainnya dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari. Mereka rata-rata menyarankan porsi dan kandungan gizi yang seimbang. Anda bisa konsultasikan dengan dokter ahli gizi tentang hal ini.
  3. Hindari Memakai Berbagai Produk Kecantikan (Untuk Wanita Terutama). Produk kecantikan sebenarnya tidak banyak membantu penampilan Anda. Produk tersebut seringkali mengandung zat-zat yang justru merusak kecantikan, dan hanya menutupi alias Anda berlindung di balik topeng kecantikan. Gunakan seperlunya sekedar untuk terlihat rapi dan menawan.
  4. Menikmati Aktifitas Ibadah. Beribadah dengan tekun dan kusyu akan membimbing kita untuk hidup teratur dan bahagia di usia tua. Setelah sekian puluh tahun hidup di dunia, maka ini adalah saat yang tepat untuk mencapai keseimbangan hidup yang hakiki yakni dengan menikmati aktifitas ibadah dengan penuh rasa syukur dan sabar. Dalam kajian Spiritual Quotient (Kecerdasan Spritual), orang yang tekun dan kusyu dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya, jumlah kadar produksi hormon yang menyebabkan rasa bahagia semakin meningkat.
  5. Siap Menerima Perubahan. Perubahan hidup bisa terjadi di mana saja, entah karena trend yang sedang berkembang, tekanan pekerjaan, tuntutan pemerintah, yang menyebabkan seolah-olah kita merasa kehilangan jati diri kita. Nah, agar itu tak terjadi, yang terbaik adalah menerima perubahan itu dan menyikapinya dengan bijaksana. Bicarakan dengan baik antara anggota keluarga yang satu dengan yang lain. Karena sebagian anggota keluarga kita adalah generasi muda yang akan mengambil alih peran kita di masa yang lalu. Siap menerima perubahan berarti pula bahwa pikiran kita tidak sempit dan terbuka serta mau menerima saran, nasihat, dari orang-orang yang menyayangi kita. Seperti nasihat dari Nenek Suparni yang dikenal sebagai manusia tertua di daerahnya. Warga Dusun Sadhang, Kelurahan Tanjungharjo, Kecamatan Naggulan, Kabupaten Kulon Progo, itu mengaku berusia 117 tahun dan mengatakan bahwa hidup itu tidak boleh "PEKOK". Pekok dalam penafsiran saya adalah sempitnya pemikiran kita yang membuat kita tak mau mendengar berbagai kebenaran yang datang dari orang lain.
    Nenek Suparni di usia 117 tahun
    Nenek Suparni di usia 117 tahun. Gambar: babe.news
  6. Sayangi Uban Anda. Ini kedengarannya sepele, tetapi sebenarnya merupakan nasihat yang sangat bijak kepada Anda yang akan atau sedang menjalani masa tua. Uban atau memutihnya rambut karena usia merupakan ciri khas yang ada pada manusia yang memasuki usia tua, meskipun saat ini banyak anak muda yang sudah memiliki banyak uban, tetapi tentu berbeda jumlah dan kualitasnya dengan uban pada orang tua. Usaplah dengan penuh percaya diri dan penuh kasih sayang rambut indah Anda tersebut, dan nikmati setiap helai dengan penuh rasa syukur dan senyuman.
  7. Tidur Berkualitas. Tidur yang berkualitas sangat berguna dalam memperbaiki kebugaran tubuh dan dengan tidur yang teratur maka proses metabolisme tubuh berjalan normal pada waktunya. Bagi Anda yang sedang menjalani masa tua, tidur lebih awal dan bangun lebih pagi merupakan rutinitas yang dapat menjaga kesehatan fisik dan mental. Lepaskan segenap pikiran yang negatif saat akan berangkat tidur, gunakan waktu-waktu menjelang tidur untuk berdoa dan mengingat anugerah Tuhan yang luar biasa berlimpah.
Previous
Next Post »

2 komentar

Komentar Pengunjung Blog