Berbukalah Dengan Yang Manis

20.38
Berbukalah dengan yang manis. Itu adalah bunyi kalimat iklan yang sering tampil di layar televisi. Kata manis tertuju pada makanan yang mengandung gula, baik gula pasir maupun gula merah atau gula Jawa. Makanan yang manis sering dianjurkan untuk disantap saat pertama kali berbuka agar tubuh dapat langsung menggantikan energi yang belum terpenuhi alias hilang saat menjalankan ibadah puasa. Gula akan memicu tubuh untuk membakar / memproduksi energi yang dibutuhkan untuk melanjutkan aktifitas setelah berbuka, yakni menjalankan ibadah Salat Maghrib sampai Salat Tarawih yang tentu mensyaratkan tubuh yang bugar dan fit agar dapat dikerjakan dengan maksimal.

Berbukalah Dengan Yang Manis Berbukalah Dengan Yang Manis

Bagi sebagian orang, ada kalanya memilih untuk langsung menyantap nasi beserta lauk pauk. Pilihan ini secara teori sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan, karena organ pencernaan dipaksa untuk bekerja ekstra tanpa persiapan. Untuk orang dengan kondisi lambung dan organ pencernaannya sehat dan kuat, menyantap langsung nasi (makan besar) mungkin tidak menimbulkan efek negatif bagi kesehatan.

Namun, bagi Anda yang organ pencernaannya sering mengalami gangguan, maka Anda wajib berbuka puasa bertahap dari mulai menikmati makanan ringan baru dilanjutkan makan makanan seperti nasi. Antara menyantap makanan ringan dengan makan besar berilah jeda waktu agar pencernaan Anda benar-benar siap untuk melaksanakan tugasnya. Dan akhirnya pilihan ada pada diri kita masing-masing, dan semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1438 H dengan sebaik-baiknya dan membawa berkah bagi anggota keluarga.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar Pengunjung Blog