Memaknai Sumpah Pemuda Sebagai Pemicu Kebangkitan Bangsa

17.30
Memaknai Sumpah Pemuda Sebagai Pemicu Kebangkitan Bangsa  
Memaknai Sumpah Pemuda Sebagai Pemicu Kebangkitan Bangsa

"Pemuda idaman jadi impian, pemuda pujaan jadi bayangan", begitulah bunyi salah satu syair lagu Tarling "Pemuda Idaman" yang dinyanyikan beberapa penyanyi dangdut Indonesia. Lagu tersebut mengambarkan kekaguman terhadap sosok pemuda yang diimpikan dan menjadi pujaan hati. Dalam lagu tersebut juga berisi perasaan segan dan cinta yang luar biasa terhadap sang pemuda yang selalu dirindukan dan merasa gemetar saat bertatap muka atau berjumpa dengan sang pemuda.
Tampilan Halaman Pertama Google mengingatkan Hari Sumpah Pemuda
Tampilan Halaman Pertama Google mengingatkan Hari Sumpah Pemuda

Adalagi kata bijak dari Presiden Indonesia pertama, Soekarno yang mengatakan : "Beri aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia". Kalimat motivasi yang diucapkan Soekarno ini mengingatkan kepada generasi muda, pemuda Indonesia bahwa peran aktif dan sumbangsih pemikirannya bagi bangsa dan negara dapat membawa perubahan yang sangat besar bagi kemajuan dan kejayaan bangsa Indonesia. Pemuda Indonesia mesti bersatu dan berkolaborasi harmonis untuk membangun negeri dan membawa harum nama Indonesia di tingkat dunia.

Berbagai prestasi telah dicapai oleh pemuda Indonesia akhir-akhir ini, dari ikut sertanya atlet balap mobil formula (meski mengalami kendala), prestasi di bidang olahraga Bulu Tangkis, bertumbuh pesatnya bisnis online (E-Commerce), dan berbagai kemajuan lainnya yang patut dibanggakan. Generasi muda menjadi aktor utama yang menjadi penggerak Sumber Daya Manusia  untuk berkiprah lebih baik lagi.

Pemuda Indonesia juga banyak yang menyumbang ide dan kreatifitasnya bagi dunia ilmu pengetahuan dan sumber informasi dengan memutuskan dan berkomitmen menjadi seorang Blogger. Meskipun di tahun 2016 ini belum ada statistik resmi mengenai jumlah Blogger aktif yang ada di Indonesia, namun dari dari data tahun 2011 kita dapat melihat bahwa jumlah Blogger Indonesia tumbuh berkembang sepuluh kali lipat dibanding pada tahun 2008 yang hanya 500.000 orang, di tahun 2011 jumlahnya menjadi 5.000.000 orang. Dan data jumlah Blogger Indonesia untuk tahun 2015 menurun menjadi 3.000.000 orang.

Bila dibandingkan dengan keadaan tahun 2009 dimana saya mulai menulis di blog untuk yang pertama kali, keadaan di tahun 2016 ini cukup menggembirakan. Kini telah banyak Blogger Perempuan Indonesia yang mulai menunjukkan kualitas postingan dan blog yang mereka kelola rata-rata memiliki jumlah trafik yang sangat bagus. Mudah-mudahan momen peringatan Hari Sumpah Pemuda ini bisa dijadikan sebagai pemicu kebangkitan bangsa Indonesia. Blogger Indonesia punya potensi untuk mengenalkan segala hal unik dan kreatif yang ada di negara Indonesia.

Di bidang bisnis pun telah muncul beberapa anak muda Indonesia yang telah sukses membangun usaha dengan kreatifitas dan ketekunan yang mereka pelajari dari para maestro bisnis di tanah air. Dari mulai berdagang pakaian, bisnis kuliner, bisnis online transportasi, generasi muda Indonesia setapak demi setapak mulai merintis kesuksesan dengan semangat kerja keras dan mental yang tangguh mengelola kegagalan demi kegagalan menjadi kesuksesan besar di kemudian hari. Salam Sumpah Pemuda!
Previous
Next Post »

4 komentar

  1. Iya mas Dody, rasanya wajib para pemuda dan yang masih merasa muda WN kita tercinta ini untuk tetap meningkatkan semangat joang melalui makna Sumpah Pemoeda dalam akyifitasnya sehari hari ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemuda memang jadi tumpuan masa depan bangsa. Terima kasih atas kunjungannya Sobat Serba ter.

      Hapus
  2. saking besarnya pengaruh pemuda, saat ini sering di politisasi untuk menjadi tim sukses cagub/capres yang pada akhirnya bisa menimbulkan perpecahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seringkali memang begitu. Pemuda harus netral, agar potensi dirinya tidak terkurung hanya karena mendukung salah satu calon saja.

      Hapus

Komentar Pengunjung Blog