Cara Mengatasi Error Pada Aplikasi PMP Ditjen Dikdasmen

21.42
Contoh tampilan yang error dan form tidak ter-render sempurna pada Aplikasi PMP
Contoh tampilan yang error dan form tidak ter-render sempurna pada Aplikasi PMP

Dasar Pengembangan Aplikasi PMP
Sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan dasar dan menengah. Tujuan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah untuk memastikan penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah oleh satuan pendidikan di Indonesia berjalan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

Sistem Penjaminan Mutu yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terdiri atas Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). SPMI dilaksanakan oleh satuan pendidikan, sedangkan SPME dilaksanakan oleh institusi di luar satuan pendidikan seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, Badan Standar Nasional Pendidikan, dan Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah.

Penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah suatu mekanisme yang sistematis, terintegrasi, dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa seluruh proses penyelenggaraan pendidikan telah sesuai dengan standar mutu dan aturan yang ditetapkan. Untuk dapat melakukan penjaminan mutu pendidikan dengan baik diperlukan adanya sistem penjaminan mutu pendidikan.

Dalam rangka memfasilitasi agar proses pelaksanaan system penjaminan mutu untuk satuan pendidikan berjalan lebih efektif dan efisien, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengembangkan Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP). Adanya Aplikasi PMP diharapkan dapat memberikan fasilitasi satuan pendidikan dalam penerapan sistem penjaminan mutu dalam rangka memperkuat upaya satuan pendidikan dalam memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu sesuai kebutuhan nyata di lapangan.

Aplikasi PMP dirancang sedemikian rupa sesuai dengan kaidah-kaidah Sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah yang bertujuan untuk menjamin pemenuhan standar pada satuan pendidikan dasar dan menengah secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pada satuan pendidikan secara mandiri. Di dalam aplikasi PMP tersedia kuesioner untuk setiap stakeholder sekolah yang digunakan untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.

Secara teknis Aplikasi PMP bersifat komponen opsional (add ons/pengaya) dari Aplikasi Dapodik, maka Aplikasi PMP akan dapat diinstall dan berjalan jika dikomputer tersebut telah ter-install Aplikasi Dapodik. Secara otomatis Aplikasi PMP akan mengambil entitas data pokok dari Aplikasi Dapodik seperti data profil sekolah, PTK, PD dan lainnya. Selanjutnya Aplikasi PMP akan menampilkan daftar pertanyaan/kuesioner untuk masing-masing entitas data tersebut.

Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) adalah lembaga yang berada di tingkat provinsi di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah yang bertugas melaksanakan Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah di provinsi berdasarkan kebijakan nasional. LPMP yang akan melakukan sosialisasi dan pendampingan terhadap implementasi dan pelaksanaan Sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah menggunakan Aplikasi PMP.

Permasalahan Yang Sering Terjadi Pada Aplikasi PMP
Sebagai seorang operator sekolah untuk tingkat SD, SMP, dan SMA mendapatkan tambahan tugas untuk menyelesaikan pengisian kuisioner pada Aplikasi PMP. Mengerjakan Aplikasi PMP ternyata tidak semulus seperti mengerjakan Aplikasi Dapodik atau Aplikasi KJP. Operator sekolah banyak menjumpai seabrek masalah yang menyebabkan proses pengisian data pada Aplikasi PMP tidak kunjung selesai. 

Perawatan sistem PMP Dikdasmen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Perawatan sistem PMP Dikdasmen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Saya pun mengalami pusing tujuh keliling yang luar biasa saat menggunakan Aplikasi PMP mulai dari versi 1.2, 1.3, sampai 1.4. Nah, di versi 1.4 inilah semua permasalahan yang saya alami dalam mengoperasikan Aplikasi PMP dapat teratasi, meskipun menyisakan satu pertanyaan lagi yakni mengapa proses pengiriman data ke server PMP masih juga lama. Permasalahan yang sering muncul dari Aplikasi PMP adalah:
  1. Gagal login dengan keterangan tidak terhubung Dapodik.
  2. Verifikasi kuisioner tidak muncul.
  3. Halaman aplikasi error yang menyebabkan tampilan tidak ter-render sempurna.
  4. Beberapa bagian pertanyaan tidak muncul, seperti pada menu untuk komite.
  5. Saat sudah diinstall versi terbaru, muncul pesan berupa halaman yang berisi kode HTML / PHP.
Merujuk pada pengalaman saya dalam mengisi kuisioner pada Aplikasi PMP, untuk mengatasi semua permasalahan diatas hal yang membuat saya dapat menyelesaikan / mengatasi error pada Aplikasi PMP ini adalah:
  • Menginstall Aplikasi Dapodik 2016b
  • Unduh prefil Dapodik dan Sinkronisasi
  • Menginstall Aplikasi PMP Versi 1.4
  • Menginstal Patch / Update Aplikasi Dapodik 2016b dan menimpa file pada Aplikasi Dapodik yang sudah sebelumnya diinstall.
  • Semua saya lakukan pada laptop / komputer yang lain dan Alhamdulillah semua berjalan normal dan sudah tidak ada yang error, meski proses pengiriman data masih lama (saat artikel ini diposting, web Aplikasi PMP sedang dalam perawatan).
Inilah halaman web Dapodik yang membantu saya mengatasi error pada Aplikasi PMP
Inilah halaman web Dapodik yang membantu saya mengatasi error pada Aplikasi PMP

Mudah-mudahan tips yang saya berikan dapat bermanfaat bagi rekan-rekan operator yang masih mengalami kendala dalam mengoperasikan Aplikasi PMP. Apabila ada pertanyaan dan saran silahkan sampaikan di kolom komentar yang disediakan. Salam Olahraga!
Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar Pengunjung Blog