Agar Urusan Lancar Di Hari Pertama Masuk Kerja

02.44
Agar Urusan Lancar Di Hari Pertama Masuk Kerja
(Hari pertama kerja, gambar: mysydneyhypnotherapy.com.au)

Alangkah senangnya ketika lamaran pekerjaan yang kita kirimkan mendapatkan respon yang baik dari perusahaan atau instansi yang dituju. Setelah melewati proses yang cukup melelahkan dari mulai mengikuti berbagai macam tes, sampai proses yang biasanya sangat menentukan yakni interview, akhirnya pihak personalia perusahaan tersebut mau menerima Anda sebagai karyawan. Bagi Anda yang tengah mengalami hal seperti ini saya ucapkan selamat dan bersyukurlah karena Anda berhasil mendapatkan pekerjaan.

Hari pertama masuk kerja akan menjadi momen yang tak terlupakan dimana disinilah eksistensi diri kita diuji dan momen ini bisa jadi menjadi sebuah awal dari rangkaian kisah hidup kita. Persiapkan diri kita sebaik mungkin pada hari pertama masuk kerja. Bagi Anda yang baru saja diterima bekerja dan besok atau minggu depan adalah hari pertama Anda masuk kerja, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar urusan lancar di hari pertama masuk kerja:

BERDOALAH DAN MINTA RESTU KEDUA ORANG TUA
Doa adalah sumber kekuatan dan perlindungan yang menakjubkan. Dipadukan dengan rasa kasih sayang orang tua kita, mudah-mudahan ini akan menjadi modal yang sangat powerful untuk menjalani aktivitas kita di kemudian hari. Jangan sampai di momen pertama masuk kerja, kita justru sedang berselisih paham dengan orang tua. Selesaikan jika ada masalah dan minta doa restu orang tua agar kita mendapatkan kemudahan.

HUNTING LOKASI
Ini adalah hal yang penting mengingat dengan mengenal lingkungan tempat bekerja dengan baik, maka ini akan membantu kita menyelesaikan masalah yang timbul di luar masalah teknis pekerjaan. Misalnya saja jika tiba-tiba kendaraan kita tiba-tiba mengalami kerusakan, dengan kita mengenal lokasi tempat kerja dengan baik, masalah yang mungkin kelihatan sepele ini dapat diselesaikan tanpa harus membuang-buang waktu Anda.

SILATURAHMI
Mengunjungi rumah salah satu karyawan yang sudah lama bekerja di sebuah perusahaan yang menerima lamaran kerja kita bisa dijadikan resep ampuh untuk mengurangi ketidaktahuan kita tentang pekerjaan yang akan dilakoni. Saran saya, jika Anda tidak mengenal satupun karyawan lama, berkenalanlah dengan salah seorang petugas keamanan. Kunjungi rumahnya secara kekeluargaan dan bertanyalah dengan sopan dan ramah. Mudah-mudahan ini akan membantu pekerjaan Anda di kemudian hari.

TIDUR LEBIH AWAL
Kesehatan tubuh merupakan hal mutlak yang dibutuhkan saat akan bekerja. Apalagi jika besok adalah hari pertama masuk kerja, kita tentu belum memahami seberapa besar kemampuan tubuh kita agar tetap fit sampai jam pulang bekerja tiba. Dengan tidur lebih awal kita dapat mempersiapkan kondisi tubuh yang maksimal untuk bekerja.

SIAPKAN PAKAIAN DAN PERALATAN
Setelah kita tahu mengenai Job Description yang diinformasikan saat wawancara, hal yang juga harus diperhatikan adalah menyesuaikan pakaian yang akan kita gunakan saat bekerja. Gunakan pakaian yang umum dulu dan jangan menonjolkan sisi gaya agar kita tidak terlalu menarik perhatian karyawan lama secara berlebihan. Persiapkan juga peralatan yang mendukung pekerjaan kita, seperti alat tulis, atau membawa laptop sendiri.

SUGESTI POSITIF UNTUK DIRI SENDIRI
Persiapan mental mutlak diperlukan. Kita akan menghadapi dan bekerja bersama dengan berbagai macam karakter manusia. Berikan keyakinan pada diri sendiri bahwa ini semua dapat dijalani dengan baik tanpa ada masalah. Seandainya ada masalah yakinlah bahwa kita juga akan menyelesaikannya dengan baik pula. Jangan menunjukkan sikap tegang dan berusahalah untuk rileks.

DATANG LEBIH AWAL
Dalam berbagai organisasi bisnis dewasa ini, kedisiplinan menjadi faktor utama yang menjadi bahan analisis pimpinan perusahaan dalam menilai karyawan yang memiliki kinerja tinggi dan berkomitmen membangun perusahaan. Datanglah lebih awal agar di kemudian hari kita akan terbiasa hidup disiplin dan menghargai waktu.

Itulah beberapa tips yang berguna bagi Anda yang akan memasuki hari pertama masuk kerja. Dengan mempersiapkan diri lebih baik, niscaya urusan akan lancar di hari pertama masuk kerja.
Previous
Next Post »

12 komentar

  1. Balasan
    1. Oke siip. Pasti saya mampir. Terima kasih sudah mampir Mas Yowanda Erlangga.

      Hapus
  2. Tipsnya oke banget nih. Persiapan yang matang pasti memberikan hasil yang baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba Lina, memang harus siap segalanya.

      Hapus
  3. Hari pertama masuk kerja semangat sekali!! apalagi kalau ketemu teman kerja cewek yang bening-bening!! wah mantap!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sambil cari jodoh ya Mas Galih...hehehe

      Hapus
  4. Yang paling utama si jangan terlihat canggung terhadap rekan kerja. Pengalaman ane sendiri. wkwkwk

    Masfim.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip...harus siap mental..hehehe

      Hapus
  5. Artikel informatif, inspiratif dan edukatif. Mantap mas.

    BalasHapus
  6. sangat bermanfaat sekali sobat
    terima kasih sudah berbagi
    salam
    mampir juga jangan lupa fpollow yah

    BalasHapus

Komentar Pengunjung Blog